Apakah n-propanol, hand sanitizer, dan sabun bisa menangkal Covid-19?

n-propanol, sebagai salah satu bahan hand sanitizer, dapat digunakan pada sediaan luar tubuh (topical). Biasanya golongan alkohol memang dipakai sebagai bahan hand sanitizer, khususnya yg berbasis alkohol, misal ethanol, n-propanol, isopropanol. Berdasarkan studi, konsentrasi efektif dr ketiganya yg paling optimal sebagai antimikroba adalah etanol (60-85%), isopropanol (60-80%), dan n-propanol (60-80%) (Clinical Microbiology Reviews, 2004). Komponen yg terpenting adalah etanol. Asalkan kadarnya diatas 60%, sdh efektif mengikis dinding sel bakteri.

Sementara itu, Covid bukan bakteri melainkan virus. Efektifkah? 
Struktur virus Covid dikelilingi oleh membran lipid bilayer yang bisa dirusak oleh alkohol desinfektan dan hand sanitizer. Membran lipid bilayer merupakan titik terlemah (weakest link) dari virus ini. Sehingga alkohol terbilang cukup efektif untuk mencegah Covid.


Yang lebih efektif dari hand sanitizer sebenarnya adalah sabun. Sabun merupakan surfaktan (ampifilik, memiliki kutub polar dan non-polar), yang lebih efektif untuk menangkal Covid. Sisi non-polar sabun akan mengikat sisi non-polar virus (lipid bilayer), melarutkannya, dan juga dimungkinkan menghancurkan ikatan dengan RNA virus. Sehingga world health organization (WHO) lebih merekomendasikan lebih bnyak mencuci tangan (minimal 20 detik) atau bgian tubuh lain dengan sabun dari pada hanya mengandalkan hand sanitizer. Jika tangan kotor sebaiknya dicuci denga sabun, bukan hand sanitizer.

seperti instruksi yang diberikan dalam bentuk poster oleh lembaga Eijkmen untuk selalu mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuh/memegang benda-benda yang ada dalam poster sbb.
(Sumber: IG eijkmaninstitute)

Sabun juga mencegah virus menempel di tangan dan bagian tubuh, khususnya saat tangan kita aktif misal tanpa sengaja memegang mata, hidung, mulut dll.

(Penulis: Bayu Tri Murti, S.Farm., M.App.Sci)

Referensi:
Kampf, G. and Kramer, A., 2004. Epidemiologic background of hand hygiene and evaluation of the most important agents for scrubs and rubs. Clinical microbiology reviews, 17(4), pp.863-893.

https://www.google.com/amp/s/www.sciencefocus.com/news/coronavirus-can-hand-washing-really-stop-the-spread-of-covid-19/amp/

https://www.forbes.com/sites/ninashapiro/2020/03/15/soap-and-water-1o1-why-its-best-for-covid-19-and-every-day/amp/

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public

https://www.google.com/amp/s/www.marketwatch.com/amp/story/guid/5E0F606C-613C-11EA-BDAC-86A14558BB22

https://www.weforum.org/agenda/2020/03/coronavirus-soap-covid-19-virus-hygiene/

Comments

Popular posts from this blog

*Drug Information Handbook and Quick Look Drug Book*

Pencapaian dan perkembangan “Human Genome Project” di usianya yang ke-16